Detail Berita

image

Profil Dinas Pengndalian Penduduk dan Keluarga Berencana

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Dumai dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Dumai nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Dumai yang sebelumnya bernama Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Dumai dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 15 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kota Dumai.

Secara umum tujuan yang akan dicapai oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Dumai adalah Meningkatkan sumber daya manusia yang memadai melalui Program Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Keluarga Sejahtera. Secara demografi dinas ini bertujujan untuk menurunkan laju pertumbuhan penduduk dan secara filosofis adalah untuk mewujudkan norma keluarga kecil bahagia sejahtera.

Tujuan tersebut kemudian diimplementasikan melalui pelayanan pengendalian penduduk dan keluarga berencana. Pengaturan kelahiran perlu terus diupayakan melalui program Keluarga Berencana untuk mencapai penduduk tumbuh seimbang.