Tugas Pokok & Fungsi

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

Tugas Pokok

Sesuai dengan Peraturan Walikota nomor 56 Tahun 2016, dinas ini mempunyai Tugas untuk membantu Walikota melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah dibidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana.Sesuai dengan Peraturan Walikota nomor 56 Tahun 2016, dinas ini mempunyai Tugas untuk membantu Walikota melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah dibidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Fungsi

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Dumai mempunyai Fungsi:

  1. Penyusunan rencana dan program kerja Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.
  2. Perumusan dan penetapan kebijakan teknis dibidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana sesuai dengan kewenangannya.
  3. Pemimpinan, pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.
  4. Pengesahan dan penandatanganan naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
  5. Pemberian rekomendasi dan perizinan teknis, serta pelayanan umum sesuai dengan kewenangannya.
  6. Pembinaan pelaksanaan tugas UPT.
  7. Pelaksanaan pembinaan pegawai di lingkungan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.
  8. Pelaksanaan koordinasi dengan Instansi lainnya dalam rangka pelaksanaan tugas.
  9. Pemberian saran dan pertimbangan teknis kepada Walikota dalam pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan sesuai bidang tugasnya.
  10. Pembuatan dan penyampaian laporan pelaksanaan tugas kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.
  11. Penyiapan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan lingkup fungsinya.

 

Tugas Pokok & Fungsi

Bidang

Tugas Pokok

Kepala Dinas melaksanakan tugas tugas dan fungsi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Fungsi

Tugas Pokok

Bertugas melaksanakan perencanaan umum, program dan anggaran, pemantauan dan evaluasi, ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kearsipan, penataan organisasi dan tata laksana, koordinasi penyusunan perundangan, pengelolaan barang milik negara dan kerumahtanggaan.

Sekretariat terdiri dari :

1. Subbagian Perencanaan, Keuangan dan Aset

Bertugas melakukan koordinasi penyusunan rencana program dan anggaran serta melakukan administrasi keuangan, pengelolaan barang milik/kekayaan negara.

2. Subbagian Tata Usaha

Bertugas memberikan dukungan administrasi ketatausahaan, kerumahtanggaan, kepegawaian, arsip dan dokumentasi.

Fungsi

Tugas Pokok

Bertugas melaksanakan kebijakan teknis dibidang pengendalian penduduk, penyuluhan dan penggerakan ditingkat daerah.

Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan terdiri dari:

1. Seksi Advokasi dan Penggerakan

Bertugas mempersiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan dibidang advokasi dan penggerakan.

2. Seksi Penyuluhan dan Pemberdayaan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana dan Kader   Keluarga Berencana

Bertugas menyiapkan bahan pembinaan, pembimbingan dan pelaksanaan kebijakan teknis, norma, standar, prosedur dan kriteria serta pemantauan evaluasi pendayagunaan PKB/PLKB dan IMP.

3. Seksi Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga

Bertugas menyiapkan bahan pembinaan, pembimbingan dan pelaksanaan kebijakan teknis, norma, standar dan prosedur dan kriteria serta pemantauan dan evaluasi pengendalian penduduk dan informasi keluarga.

Fungsi

Tugas Pokok

Bertugas melaksanakan kebijakan teknis dibidang pelaksanaan keluarga berencana ditingkat daerah.

Bidang ini mempunyai Seksi yaitu :

1. Seksi Pengendalian dan Pendistribusian

Bertugas menyiapkan bahan pembinaan, pembimbingan dan pelaksaan kebijakan teknis, norma, standar, prosedur dan kriteria serta pamantauan dan evaluasi pengendalian dan pendistribusian alkon di tingkat daerah.

2. Seksi Jaminan Pelayanan Keluarga Berencana

Bertugas menyiapkan bahan pembinaan, pembimbingan dan pelaksanaan kebijakan teknis, norma, standar, prosedur dan kriteria serta pemantaun dan evalusi jaminan pelayanan keluarga berencana di daerah.

3. Seksi Pembinaan dan Peningkatan Kesertaan Berkeluarga Berencana

 Bertugas menyiapkan bahan pembinaan, pembimbingan dan pelaksanaan kebijakan teknis, norma, standar, prosedur dan kriteria serta pemantauan dan evaluasi pembinaan dan pengingkatan kesertaan berkeluarga berencana.

Fungsi

Tugas Pokok

Bidang ini mempunyai tugas melaksanakan kebijakan teknis dibidang ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Bidang ini mempunyai Seksi yaitu :

a. Seksi Pemberdayaan Keluarga Sejahtera

     Bertugas menyiapkan bahan pembinaan, pembimbingan dan pelaksanaan kebijakan teknis, norma, standar, prosedur dan kriteria serta pemantauan dan evaluasi pemberdayaan keluarga sejahtera.

b. Seksi Bina Ketahanan Keluarga

     Bertugas menyiapkan bahan pembinaan, pembimbingan dan pelaksanaan kebijakan teknis, norma, standar, prosedur dan kriteria serta pemantauan dan evaluasi pembinaan ketahanan keluarga balita, anak dan lansia.

c.  Seksi Bina Ketahanan Remaja

    Bertugas menyiapkan bahan pembinaan, pembimbingan dan pelaksanaan teknis,  norma, standar, prosedur dan kriteria serta pemantauan dan evaluasi pembinaan ketahanan remaja.

Fungsi